Read

loading...

Kapan Saya Bisa Menghasilkan Uang Di YouTube?

Kapan Saya Bisa Menghasilkan Uang Di YouTube?


   Jadi pengetahuan dasar yang perlu anda ketahui untuk menghasilkan uang di channel YouTube anda adalah anda sendiri yang mengetahui bahwa channel YouTube anda butuh penonton. Dan untuk mengundang serta menghadirkan juga membangun penonton anda perlu membuat video yang disukai juga di inginkan oleh penonton secara konsisten, terus anda Di wajibkan mematuhi pedoman komunitas YouTube. 

 Tertarik menghasilkan uang di YouTube? Semua kreator YouTube bisa mendaftarkan diri untuk bergabung dengan Program Partner YouTube, selama program tersebut sudah tersedia di negaranya. Setelah mencapai waktu tonton sebanyak 4.000 jam dalam 12 bulan terakhir, dan memiliki setidaknya 1.000 subscriber, aktivitas Anda akan ditinjau sesuai dengan kebijakan YouTube.
Dan berapa lamakah waktu yang di butuhkan YouTube untuk peninjauan sebuah Channel?
Itulah jagonya YouTube dan Adsense dalam menentukan kelayakan karena peninjauan sebuah Channel itu suka-suka mereka mau sejam, sehari, semalam, seminggu, sebulan, setahun atau bahkan lebih dalam melakukan peninjauan sampai begitu banyak creator tetap berusaha SABAR! yang begitu lama dalam penantian untuk sebuah jawaban yang di harapkan.
Karena peninjauan tim YouTube bisa mempunyai data yang cukup untuk sebuah informasi kelayakan Channel anda. Jika semuanya berjalan lancar, Anda bisa bergabung dengan Program Partner YouTube dan mulai menayangkan iklan pada konten Anda. Ambang batas minimum ini membantu memastikan agar pemasukan hanya diberikan kepada kreator yang mematuhi aturan. Setelah semuanya terpenuhi dan memenuhi syarat monetisasi dimana disitulah tempat para kreator mendapatkan uang dari hasil monetisasi video mereka. Pertahankanlah penilaian baik di YouTube dan memperoleh waktu tonton yang Valid, dalam arti bukan di datangkan dengan hal yang tidak wajar hasil waktu tonton dari video anda, karena akan mempengaruhi penilaian dari pihak YouTube untuk memberikan layak tidaknya kreator mengetahui penetapan batasan ini agar kreator tetap berperilaku menjadi personal yang baik di Platform YouTube, karena peninjauan tim YouTube selanjutnya setelah anda tergabung dalam Program Partner YouTube memastikan anda tetap sesuai dengan syarat kelayakan yang berlaku sesuai kebijakan YouToube untuk anda tetap mendapatkan penghasilan yang mengalir tanpa gangguan dismonetisasi atau pemutusan Program Partner YouTube. Dan ada sumber penghasilan lain yang bisa anda dapatkan selain dari iklan yaitu dari Membership Channel dan Super Chat selama anda memenuhi kriteria akan tetapi program tersebut tidak tersedia untuk wilayah negara Indonesia karena ada batasan ketentuan negara yang tidak memperkenankan program tersebut. Demikianlah inti dari solusi sekelumit permasalahan untuk sebuah cara menghasilkan uang di YouTube.

         Opsi Lain Monetisasi Selain Dari Iklan 


Cara menghasilkan uang selain melalui iklan Crowdfunding bisa jadi cara bagus untuk mendapatkan uang tambahan dan mendanai proyek baru! Belajarlah dari kreator
Crowdfunding dapat membantu mendorong kesadaran dan dukungan untuk channel Anda, memenuhi potensi kreatif, dan memulai proyek baru.
Mempelajari berbagai opsi monetisasi selain iklan
Anda tidak harus menjadi "selebriti" YouTube untuk dapat mendiversifikasi sumber pendapatan. Anda hanya memerlukan cukup penggemar yang menyukai channel Anda, sehingga hasilnya sepadan dengan upaya yang dilakukan. Pendapatan tambahan berpotensi mengubah channel dari hobi menjadi karier, sehingga Anda dapat melakukan proyek yang lebih ambisius.
Dengan iklan, Anda tidak perlu melakukan upaya besar setelah menyiapkannya (dan juga dalam membuat konten yang cocok untuk pengiklan). Sedangkan dalam beberapa opsi monetisasi berbasis non-iklan lainnya, Anda harus menyiapkan dan mempromosikannya secara efektif kepada penonton yang berminat agar mereka mau membeli. Tetapi jangan khawatir, kursus ini akan memandu Anda untuk mengetahui apa saja yang dapat dilakukan untuk memaksimalkan upaya yang dilakukan.
Opsi monetisasi apa yang cocok untuk channel saya?
Berikut ini ringkasan singkat tentang berbagai opsi monetisasi yang akan kita bahas dalam kursus ini:

Super Chat
Merchandise
Membership channel
Platform crowdfunding lainnya
Apa itu? Penonton live stream dan YouTube Premiere Anda dapat membeli Super Chat agar pesan mereka tampil lebih menonjol daripada yang lain. Anda dapat menjual barang bermerek yang dimiliki (seperti T-shirt atau mug) kepada para penggemar melalui situs eksternal yang telah disetujui, atau galeri merchandise di YouTube khusus bagi channel yang memenuhi syarat. Penonton dapat melakukan pembayaran berulang setiap bulan untuk membeli membership channel Anda dan mendapatkan badge, emoji, serta akses ke sejumlah manfaat khusus yang Anda tawarkan dan berikan. Crowdfunding dapat digunakan untuk mendorong kesadaran dan mencari dukungan untuk channel atau inisatif yang sedang Anda kerjakan. Pendukung dapat menerima sesuatu sebagai imbalan atas kontribusinya.
Apakah ini fitur bawaan YouTube?
Ya - channel yang memenuhi syarat dapat mengaktifkannya di bagian Super Chat pada fitur channel.
Ya - galeri merchandise tersedia bagi channel yang memenuhi syarat di beberapa lokasi.

Anda juga dapat menambahkan link ke situs mechandise yang telah disetujui dengan layar akhir dan kartu.

Ya - channel yang memenuhi syarat dapat mengaktifkan membership channel di lokasi yang tersedia.
Tidak - tetapi channel yang memenuhi syarat dapat menambahkan link ke situs crowdfunding yang telah disetujui di layar kartu dan kartu Anda.
Perlu beberapa penyiapan?
Tidak banyak - cukup aktifkan melalui YouTube dan gunakan selama live stream atau Premiere. Anda harus memikirkan sebelumnya cara untuk berinteraksi dengan penonton yang mengirimkan Super Chat.
Ya - Anda perlu memilih dan mendesain merchandise bermerek yang dimiliki.
Ya - rancang badge dan emoji kustom, serta berikan manfaat bagi para member.
Ya - tentukan cakupan kampanye crowdfunding Anda dan cara mendorong kesadaran atas kampanye tersebut.
Catatan: aliran pendapatan yang terkait dengan channel Anda tunduk pada persyaratan dan kebijakan YouTube, termasuk Pedoman Komunitas YouTube. Semua produk di atas dapat digunakan kreator untuk mengintegrasikan layanan dan situs pihak ketiga yang memiliki persyaratan dan ketentuan sendiri. Layanan dan situs tersebut tidak dimiliki atau dikontrol oleh YouTube, dan kami menyarankan semua kreator dan penonton untuk membaca dan memahami persyaratan dan ketentuan serta kebijakan privasi layanan dan situs tersebut.

Akankah penonton saya mendukung upaya baru ini?
Jika Anda khawatir bahwa penonton mungkin tidak akan menunjukkan dukungan atau tidak ingin membeli sesuatu, Anda tidak sendirian. Hal ini dapat terasa canggung atau tidak pantas karena tidak sesuai dengan budaya tertentu. Meskipun penting untuk mempertimbangkan hal-hal tersebut, ingatlah bahwa Anda menawarkan sesuatu kepada penggemar sebagai imbalan—baik berupa manfaat yang Anda sediakan secara eksklusif (meskipun hanya berupa sapaan), atau merchandise yang benar-benar keren dan unik.

Perhatikan penonton Anda dan perilaku mereka: Apakah Anda memiliki penonton inti dalam jumlah besar yang benar-benar menyukai konten Anda dan selalu datang secara konsisten? Selain memberikan komentar positif, apakah Anda melihat penonton yang sama muncul terus-menerus? Dua faktor tersebut menandakan bahwa Anda memiliki penonton setia, yang mendukung ide-ide Anda. Jika Anda masih belum yakin, coba tanyakan kepada mereka melalui video atau polling.
Sampaikan bagaimana upaya yang baru sesuai dengan misi channel Anda secara keseluruhan. Beri tahu penonton manfaat yang dapat diperoleh channel Anda dengan tambahan pendapatan dan pastikan kembali bahwa upaya baru Anda ini selalu bersifat opsional. Kami menyarankan Anda untuk tetap memberikan hal yang sama kepada penonton yang sudah ada—konten inti Anda harus tetap gratis dan dirilis dengan jadwal yang sama. Sebaiknya yakinkan kembali para penonton bahwa Anda masih sangat menghargai waktu yang mereka luangkan untuk menonton channel Anda. 
Pertimbangkan pertanyaan berikut ini untuk melihat apakah penonton siap untuk mendukung Anda atau tidak:
Apakah penonton meminta lebih banyak konten?
Apakah jumlah subscriber Anda bertambah?
Apakah channel yang serupa menawarkan merchandise, membership, atau Super Chat?

Apa yang harus saya tawarkan agar penonton benar-benar bersedia untuk membelinya?
Anda harus mempertimbangkan dengan hati-hati hal yang akan Anda berikan kepada penonton sebagai imbalan ketika menyiapkan opsi monetisasi baru, dan imbalan tersebut dapat berbeda-beda berdasarkan pilihan Anda. Andalah yang paling mengenal penonton Anda, jadi pikirkan hal yang dapat membuat mereka antusias.

Apa pun yang Anda tawarkan, sasaran Anda adalah mendapatkan lebih banyak uang setelah memperhitungkan biaya yang dikeluarkan. Jadi, pastikan biaya tersebut tetap rendah. Meskipun biayanya rendah, bukan berarti nilainya bagi para penonton juga rendah—terutama jika mereka tidak dapat memperolehnya di tempat lain. Dan pastikan Anda menawarkan sesuatu dan melakukannya dengan cara yang dapat ditingkatkan dengan mudah—sehingga Anda dapat terus memenuhi permintaan saat jumlah penonton bertambah, dan upaya tersebut tidak menghabiskan seluruh waktu luang Anda.
Semakin unik penawaran Anda atau semakin sesuai dengan citra brand yang dimiliki, semakin besar pula kemungkinan penonton akan tertarik dan ingin membelinya.

Berapa banyak waktu dan uang yang harus saya keluarkan?
Tidak ada rumus ajaib yang akan menjamin banyaknya dana yang bisa Anda dapatkan, dan berapa lama waktu yang diperlukan untuk menyiapkannya, tetapi Anda dapat memperkirakannya. Berikut ini enam hal yang perlu dipertimbangkan:

Setiap opsi aliran pendapatan memerlukan persiapan dan upaya awal, serta waktu untuk menjalankannya. Kita akan membahasnya satu per satu.
Pikirkan jadwal Anda dan pertimbangkan berapa banyak waktu yang sebenarnya Anda miliki untuk mengerjakan proyek baru seperti ini.
Tentukan berapa banyak uang yang ingin Anda hasilkan. Tentukan jumlah yang wajar. Anda dapat menyesuaikannya kembali nanti.
Pertimbangkan jika Anda perlu menginvestasikan uang di muka. Untuk beberapa aliran pendapatan, seperti Super Chat, Anda dapat memberikan apresiasi kepada penggemar dengan menyapa mereka atau menyebutkan nama mereka pada video selanjutnya. Namun untuk aliran pendapatan lain, seperti merchandise atau crowdfunding, Anda memerlukan sejumlah uang di muka untuk membuat produk atau melakukan kampanye kepada para penonton.
Perkirakan berapa banyak orang yang bersedia mengeluarkan uang untuk kedua hal tersebut. Berapa sebenarnya jumlah penggemar dengan interaksi tinggi yang Anda miliki di channel Anda? Jika Anda tidak yakin, pertimbangkan untuk menanyakannya kepada penonton melalui polling untuk melihat apakah mereka bersedia berpartisipasi dalam usaha Anda berikutnya atau tidak. Misalnya Anda memiliki 50.000 subscriber, bisakah Anda membuat 100 orang membeli merchandise atau berpartisipasi dalam Super Chat? Apakah itu cukup? Ingat, ini akan menjadi proses yang berulang, jadi jangan terburu-buru dan sesuaikan target Anda dari waktu ke waktu.
Maksimalkan pendapatan dengan mempertimbangkan lebih dari satu opsi monetisasi yang mungkin memenuhi syarat untuk Anda.

Secara umum, crowdfunding dapat dimanfaatkan agar orang mau mendukung channel atau inisiatif khusus Anda dengan melakukan pembayaran (berulang) setiap bulan atau sekali pembayaran. Nantinya, para pendukung proyek akan menerima sesuatu sebagai imbalan atas pembayaran yang diberikannya. Misalnya, Anda dapat memilih untuk menawarkan sapaan dalam video berikutnya sebagai balasan atas kontribusi kecil, atau sesuatu yang lebih bernilai, seperti merchandise bermerek untuk dukungan yang lebih besar.

Setiap bulan, crowdfunding berulang dapat membantu Anda mengumpulkan sedikit dana tambahan untuk terus melakukan kegiatan yang sudah lama Anda lakukan dan mendorong kesadaran terhadap inisiatif di channel Anda. YouTube memiliki fitur semacam ini di dalam platformnya, yang disebut membership channel.

Crowdfunding berbasis proyek biasanya digunakan untuk menjalankan inisiatif tertentu seperti mengumpulkan uang untuk lembaga amal, bereksperimen dengan konten berdurasi panjang, atau bahkan menerbitkan buku.


* Menyiapkan kampanye crowdfunding
Penyiapan kampanye crowdfunding memerlukan sedikit upaya dan waktu. Ingat, ini hanyalah saran dan tips, sedangkan cara menerapkannya tergantung Anda sendiri. Berikut ini contoh proses penyiapan kampanye crowdfunding:

Pilih platform yang tepat: Ada perbedaan besar antara beberapa platform crowdfunding, seperti apakah platform tersebut mengizinkan kampanye berulang atau berbasis proyek (atau keduanya), biaya untuk menyelenggarakan kampanye, jangka waktu untuk mengumpulkan uang, kebijakan moderasi, opsi tingkat monetisasi, jenis reward yang dapat Anda tawarkan, dll. Jika berencana mempromosikan kampanye dari channel, Anda harus memilih dari daftar situs crowdfunding yang disetujui oleh YouTube. (Anda dapat menyediakan link ke situs tersebut dari banner channel, kartu, dan layar akhir). Jika memenuhi syarat, pertimbangkan apakah membership channel dapat menjadi opsi yang cocok atau tidak.
Rancang kampanye Anda: Sampaikan hal yang memotivasi Anda untuk menggunakan crowdfunding, dan putuskan semua detailnya seperti memilih tingkat pembayaran dan imbalan yang Anda tawarkan. Anda dapat memproduksi video untuk menyampaikan ide di channel Anda — ada banyak platform untuk mengupload video ke kampanye. Menciptakan antusiasme awal sebelum kampanye diluncurkan adalah cara tepat untuk membangkitkan semangat penonton.
Mulai kampanye dan promosi: Ada banyak fitur di YouTube yang dapat Anda gunakan untuk melakukan promosi, seperti kartu, pesan ajakan, video promosi, dan link ke kampanye dalam deskripsi video. Dan jangan lupa untuk menggunakan media sosial serta meminta kreator lain untuk mempromosikan kampanye Anda.
Beri info terbaru kepada penonton: Setelah memulai kampanye, Anda dapat menjaga antusiasme tetap tinggi dengan selalu memberikan kabar terbaru tentang pencapaian sasaran dan ucapan terima kasih. Jika Anda melakukan kampanye berbasis proyek, penting untuk mengingatkan penonton tentang tanggal akhirnya
Penuhi dan ucapkan terima kasih: Pastikan Anda memenuhi hal yang telah Anda janjikan, dan temukan cara untuk menunjukkan rasa terima kasih atas dukungan yang telah diberikan.

* Apa yang dapat Anda tawarkan kepada penonton?
Pertimbangkan tips berikut ini untuk menentukan hal yang akan ditawarkan:

Pertimbangkan apa yang realistis bagi Anda untuk diberikan sebagai imbalan atas pembayaran penonton untuk jangka waktu tertentu. Usahakan agar hal tersebut terjangkau bagi Anda, tetapi tetap berharga bagi penonton. Sebaiknya biayanya tidak terlalu besar, tetapi penonton tidak dapat memperolehnya di tempat lain.
Pastikan imbalan tersebut skalabel. Dengan demikian, waktu yang diperlukan untuk memberikan imbalan relatif tetap sama seiring meningkatnya jumlah penonton yang membayar.
Pastikan bahwa penonton yang memutuskan untuk tidak ikut berkontribusi tidak merasa tersisihkan.
Untuk kampanye dengan pembayaran berulang, ingat, hal yang Anda tawarkan harus terus membuat mereka tertarik setiap bulan—karena mereka tidak hanya membayar satu kali.
Jika Anda menggunakan membership channel, pastikan bahwa semua yang Anda tawarkan sesuai dengan panduan yang berlaku.
Ingat, inti dari crowdfunding adalah mendorong kesadaran terhadap channel atau inisiatif Anda, dan bukan untuk menjual merchandise. Crowdfunding tidak akan memberikan manfaat jika semua waktu dan uang Anda habis untuk memberikan imbalan, dan bukan hal lainnya.

Saran terkait manfaat yang bisa Anda berikan kepada member:

Video: video yang dipersonalisasi, akses awal ke video, di balik layar, potongan video versi kasar & blooper, live streaming eksklusif
Interaksi: postingan khusus member di tab Komunitas, chat khusus member di live streaming, interaksi tambahan di ruang/grup chat pribadi
Konten digital lainnya: skrip (termasuk draf kasar), wallpaper, GIF
Status: badge kustom, emoji kustom, kredit/sapaan, polling untuk permintaan konten, kemampuan mengirim konten untuk video atau desain untuk merchandise
Barang fisik: stiker, pakaian, kode diskon untuk merchandise

* Mempromosikan kampanye Anda
Sangat penting untuk membuat video pengumuman di channel Anda. Tidak apa-apa jika Anda merasa gugup saat meminta penonton untuk membayar. Namun, cara terbaik untuk menjelaskan hal yang sedang Anda lakukan dan menyampaikan alasannya adalah dengan menghadapinya secara langsung, dan video adalah cara yang bagus untuk melakukannya.

Anda dapat membuat video promosi terlebih dahulu untuk meluncurkan kampanye guna menarik antusiasme penonton (dan untuk membership channel, publikasikan hal ini persis setelah Anda mengaktifkan tombol “gabung”.)

Dan jangan hanya berhenti setelah membuat video pengumuman. Agar terus berkembang, Anda perlu mengingatkan penonton di video dan platform sosial lainnya secara rutin terkait inisiatif crowdfunding yang dijalankan, seperti halnya Anda mengingatkan mereka untuk berkomentar, memberi tanda suka, dan menjadi subscriber. Jangan lupa untuk menggunakan tab Komunitas untuk mempromosikannya juga.

Untuk membership channel, kuncinya adalah terus memenuhi hal yang telah Anda tawarkan kepada para member berbayar.
Tips membuat video pengumuman yang efektif:
Jelaskan alasan Anda meluncurkan inisiatif crowdfunding.
Uraikan hal yang Anda tawarkan.
Bahas cara Anda akan memberikan manfaat yang mereka beli.
Pastikan kepada para penonton yang memilih untuk tidak ikut berpartisipasi bahwa tidak ada yang berubah bagi mereka di YouTube.

* Dasar-dasar membership channel YouTube
Dengan membership channel, member Anda dapat melakukan pembayaran bulanan dengan imbalan berupa badge dan emoji yang Anda desain sendiri, serta mendapatkan akses ke manfaat yang Anda tentukan dan berikan.

Periksa apakah channel Anda memenuhi syarat untuk memperoleh fitur membership atau tidak, kemudian mulai rencanakan manfaat, badge, dan emoji untuk member Anda. Catatan: Semua yang ingin Anda tawarkan harus disetujui sebelum Anda dapat mengaktifkan tombol “gabung”. Jadi, pastikan semuanya sesuai dengan Pedoman Komunitas YouTube dan kebijakan membership channel.

Dengan membership channel, kami mendapati bahwa para kreator yang membuat video pengumuman berhasil mengubah lebih banyak penonton menjadi member daripada kreator yang tidak melakukannya.
Buat daftar hal-hal yang akan Anda tawarkan sebagai imbalan atas kontribusi penonton atas kampanye crowdfunding Anda. Untuk kampanye berulang seperti membership channel di YouTube, apa yang membuat mereka bersedia membayar setiap bulan, tetapi tetap dapat Anda sesuaikan dengan jadwal Anda secara realistis?
Buat rencana promosi untuk mendorong penonton agar bersedia menjadi bagian dari kampanye crowdfunding Anda. Bagaimana Anda akan mengumumkannya? Dan bagaimana Anda akan terus mengingatkan penonton tentang hal itu?


* Membuat badge dan emoji keren untuk membership channel
Badge dan emoji kustom adalah manfaat eksklusif yang diterima penonton saat menjadi member channel Anda.

Badge akan muncul di samping nama pengguna dalam komentar dan chat langsung di channel Anda, untuk menandakan bahwa mereka adalah member. Anda dapat mengupload hingga enam badge berbeda, untuk menandakan berapa lama penonton telah menjadi member.
Emoji adalah gambar lucu yang bisa digunakan member dalam chat langsung atau di channel Anda. Semakin banyak member yang Anda miliki, semakin banyak emoji yang bisa Anda buat. Ini adalah cara yang menyenangkan agar para member dapat tampil menonjol secara visual.
Badge harus membuat anggota merasa terhubung dengan channel Anda dan bangga menjadi member, sedangkan emoji membantu mereka mengekspresikan emosi, reaksi, atau berbagi lelucon yang bersifat pribadi.
Untuk mendapatkan inspirasi, pikirkan hal yang biasanya Anda katakan dalam video Anda. Reaksi apa yang diharapkan dari penonton terhadap video tersebut? Dengan memvisualisasikannya, Anda dapat memperoleh ide untuk membuat emoji. Anda juga dapat menanyakan kepada penonton emoji seperti apa yang ingin mereka gunakan.

Cobalah
Buat daftar hal-hal yang akan Anda tawarkan sebagai imbalan atas kontribusi penonton atas kampanye crowdfunding Anda. Untuk kampanye berulang seperti membership channel di YouTube, apa yang membuat mereka bersedia membayar setiap bulan, tetapi tetap dapat Anda sesuaikan dengan jadwal Anda secara realistis?
Buat rencana promosi untuk mendorong penonton agar bersedia menjadi bagian dari kampanye crowdfunding Anda. Bagaimana Anda akan mengumumkannya? Dan bagaimana Anda akan terus mengingatkan penonton tentang hal itu?

Tidak yakin harus memulai dari mana?
Tanyakan berapa jumlah yang bersedia dibayar oleh para penggemar Anda melalui kartu polling, postingan Komunitas, atau komentar.
Anda dapat menggunakan tab Komunitas untuk memberikan manfaat dengan menggunakan menu drop-down agar postingan Anda hanya bisa dilihat oleh member. Misalnya, jika membagikan video khusus member, pastikan setelan video tersebut diatur ke tidak publik dan posting link-nya di tab Komunitas. Catatan: Jika seorang member membagikan video tidak publik Anda kepada non-member, mereka masih dapat menonton video tersebut.

#CaraMenghasilkanUangDiYoutube
#MonetisasiYoutube #CaraMonetisasiChannelYoutube #adsense #OpsiLainMonetisasiSelainDariIklan


No comments:

Post a Comment

MY SECRET IDENTITY

MY SECRET IDENTITY

MY SECRET IDENTITY   THE MY SECRET IDENTITY ON YOUTUBE CHANNEL My Secret Identity - Wikipedia, the free encyclopedia     https://en.w...

Popular Posts